Jumat, 01 Juli 2016

Pantai Menganti, Ayah, Kebumen

Pantai Menganti, Ayah, Kebumen - Pantai Menganti adalah salah satu jajaran pantai selatan yang membentang di pulau Jawa. Mungkin namanya memang tidak sepopuler pantai  pantai yang berada di Indonesia, akan tetapi siapa sangka, pantai ini memiliki pesona alam yang indah dan tidak kalah dengan pantai  pantai lainnya. Pantai ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Diperlukan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi dari pusat kota Kebumen karena jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 45 km. Lokasi wisata ini memang agak sulit dijangkau karena medan berada di sekitar perbukitan karts. Namun untuk para wisatawan, dengan perjalanan selama dan sesulit itu akan terbayarkan lunas jika sudah sampai di pantai yang digadang  gadang mirip dengan Ulu Watu yang ada di Pulau Bali ini.


Dengan hamparan pasir putih yang dipadukan dengan birunya air laut serta dikelilingi oleh buki-bukit hijau dan tebing alam yang menjulang tinggi pasti akan membuat wisatawan takjub dan betah untuk bermain-main di lokasi ini. Pantai Menganti juga mempunyai tebing pantai raksasa yang tinggi dan besar di bagian barat yang dikenal dengan sebutan Tebing Bidadari. Suasana khas dari pantai ini adalah rapihnya jajaran perahu-perahu nelayan setempat yang sangat bersahaja.


Jika sudah bosan bermain-main di area pantai, wisatawan bisa naik ke bukit yang berada di sisi timur pantai. Di puncak bukit ini juga terdapat mercusuar setinggi 20 meter yang didirikan Belanda di tahun 1912-1915. Di spot ini para wisatawan akan menjumpai pemandangan yang lebih menakjubkan karena dapat melihat keseluruhan pantai dari atas bukit. Selain mercusuar, terdapat pula Tanjung Karangbata. Di Tanjung Karangbata wisatawan akan melihat sebuah pulau karang dan betapa luasnya Samudera Hindia. Disini juga disediakan gubuk-gubuk untuk berteduh dari terik matahari. Tak hanya itu, jika musim penghujan tiba, tebing-tebing sebelah barat Pantai Menganti dihiasi empat air terjun yang mengucur dari ketinggian lebih dari 30 meter.


Biasanya untuk wisatawan yang tidak ingin tertinggal momen sunset dan sunrise dari pantai ini, mereka rela untuk bermalam untuk menyaksikan pemandangan indah karya Tuhan tersebut. Ada fasilitas yang disediakan untuk bermalam berupa villa. Akan tetapi jika tidak ingin terlalu menguras dompet, wisatawan dapat mendirikan tenda di area sekitar villa. Untuk menjaga keamanan dan kebersihan pantai, tetaplah menjadi wisatawan yang keren dengan tetap berperilaku sopan dan tidak membuang sampah sembarangan.


Lets Visit Kebumen!

Visit Kebumen

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar